Beranda » My Story » Kelas Prenatal Hypnobirthing

Kelas Prenatal Hypnobirthing

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang hamil – persalinan – melahirkan yang harus bisa dipelajari sendiri, akhirnya saya putuskan untuk ikut kelas prenatal hypnobirthing dengan Mba Evariny. Mba Evariny ini adalah murid dari Ibu Lanny Kuswandi, pelopor hypnobirthing di Indonesia. Karena saya sudah punya buku tulisan Bu Lanny, biar saya semakin “kaya” ilmu makanya saya ikut kelasnya Mba Eva bukan Bu Lanny. Selain itu saya pernah baca kalau tidak salah di forumnya female daily, katanya materi yang diberikan Mba Eva lebih lengkap dari Bu Lanny padahal harganya lebih murah (tetep ada faktor harga :D). Kenapa Mba Eva pasang harga lebih murah karena Mba Eva juga murid Bu Lanny.

Awal saya tanya tentang jadwal di pertengan bulan Januari lalu, saya diinformasikan kalau kelas sudah full hingga bulan Maret. Ternyata banyak juga yang tertarik sama hypnobirthing ini. Hihihihiii, dikirain sepi peminat. Tapi Alhamdulilah, rejekinya baby kali ya, hari itu saya pengen banget nanya lagi tentang jadwal kelas hypnobirthing. Ternyata dibuka kelas baru di awal bulan Februari karena banyaknya peminat. Ga pake pikir lama & nanya suami, saya langsung daftar dan transfer DP pembayarannya.

Yup, akhirnya kemarin tanggal 9-10 Februari saya dan  suami ikut pelatihan hypnobirthing. Selain saya ada 4 pasangan lagi yang ikut pelatihan. Detail materi dan latihan apa saja yang saya dapat dari pelatihan ini pernah ditwit di @infohamil, atau bisa dibaca disini.

Lucunya, karena saya memang gampang banget tidur, saat latihan relaksasi yang lain sudah kembali kealam sadar, saya malah bablas ke tidur nyenyak😀. Yang menarik juga adalah saat berkomunikasi dengan spirit janin. Saat sedang diberi materi, si baby terus-terusan bergerak. Tapi saat musik relaksasi dinyalakan dan masing-masing dari kami memasukkan sugesti ke janin, baby diam saja tak bergerak seolah-olah ia memang mendengar apa yang papi-maminya pesankan untuk dia. Yang saya sampaikan saat itu hanyalah ucapan terima kasih karena baby sudah memilih kami untuk merawatnya dan terima kasih untuk segala pengertiannya dengan tidak meminta yang aneh-aneh (selama hamil saya tidak mengalami ngidam yang merepotkan, tidak mengalami morning sickness sama sekali) dan memintanya untuk lebih sehat lagi, lebih aktif lagi agar nanti saatnya dia lahir dapat berjalan dengan alami, lancar dan nyaman. Cuma itu aja (eh, panjang ya)😀.

Hari kedua lebih seru lagi karena lebih banyak praktek. Ada praktek untuk memposisikan janin di jalan lahirnya dengan tehnik rebozo atau dengan goyang inul di gymball. Ada praktek pijat akupresur untuk mengurangi nyeri kontraksi, pijat endorphine untuk memacu hormon endorphine, juga pijat perineum untuk mencegah robeknya daerah perineum (daerah antara vagina dengan anus). Eits, jangan dibayangkan saat latihan langsung memijat perineum ya. Kita cuma dijelaskan caranya dan prakteknya simulasi aja.

Setelah mengikuti kelas hypnobirthing ini, yang saya rasakan adalah menjadi lebih percaya diri untuk menjalani kehamilan ini dan semoga tetap seperti itu hingga melahirkan nanti. Saya jadi punya bayangan seperti apa proses persalinan – melahirkan, tau apa yang harus dilakukan saat kontraksi datang, dan banyak ilmu lain yang susah untuk dituliskan.😀

Oia, ini oleh-oleh yang saya bawa pulang dari 2 hari kelas hypnobirthing Mba Eva.

2013-02-20 21.44.46   keterangan gambar :

– 1 flashdisk 4GB yang isinya materi, musik relaksasi & sugesti/ afirmasi

– 1 botol minyak vco untuk pijat perineum

– 2 buah pendulum untuk latihan fokus relaksasi

semuanya dimasukkan dalam 1 botol asi🙂

3 thoughts on “Kelas Prenatal Hypnobirthing

  1. kelasnya mbak eva ini dimana ya mbak… boleh tau nggak.. aku udah ke 33 minggu… telat nggak ya kalo mau ikutan..

  2. hii boleh minta contact ny kl mau ikut kls ibu eva? aku ga berhasil hubungi nomor yg d web nya.. smoga bs dbantu.. makasih yaaa

Tinggalkan Balasan

