Beranda » My Story » 9 bulan, cukupkah ?

9 bulan, cukupkah ?

Menurut keilmuan dan tercantum juga di Hadist, lama waktu wanita hamil adalah 9 bulan 10 hari.  Betapa baiknya Alloh memberi waktu sekian lama untuk calon orang tua mempersiapkan kelahiran anaknya. Mempersiapkan disini, dalam arti semuanya ya. Ya biaya, ya kebutuhan, ya ketrampilan merawatnya.

Alhamdulilah saya ketahuan hamil waktu usianya masih muda, 6 minggu. Jadi ada banyak waktu untuk menabung mempersiapkan biaya persalinan, biaya kebutuhan bayi baru lahir, dan biaya untuk akikahnya. Saya juga jadi punya banyak waktu untuk belajar memberdayakan diri selama hamil. Lagi-lagi saya bersyukur karena menemukan artikel tentang gentle birth di female daily dan akhirnya memaksa saya untuk mengklik website bidan kita. Sejak itu, setiap ada waktu luang dikantor atau malam sebelum tidur, saya sempatkan untuk “belajar” dari web/ facebook bidankita, grup GBUS (Gentle Birth Untuk Semua) di facebook. Dari situ saya dapet ilmu tentang gentle birth, hypnobirthing, waterbirth, keyakinan untuk mampu melahirkan alami, dan segudang ilmu tentang hamil dan proses melahirkan.hasil perburuan

Hampir setiap hari membaca dari HP/ komputer, mata saya sepertinya mulai complain. Karena itu saya paksakan kaki saya untuk ke toko buku, kegiatan yang sudah lama sekail tidak saya lakukan.  Saking semangatnya, saya sampai ndlosor-ndlosor milih bukunya😀. Hari itu saya dapet 2 buku tentang gentle birth dan hypnobirthing. Selain buku, saya juga beli gym ball untuk latihan pelvic rocking dirumah.

Tamat baca 2 buku tersebut masih tetep saja kurang. Rasanya banyak materi/ bagian di buku itu yang belum bisa saya praktekin sendiri. Hadeuh, susah juga ternyata belajar sendiri. Dan memang sepertinya bukan tipe saya untuk belajar sendiri, saya perlu mentor untuk membimbing saya. Browsing-browsing lagi, cari-cari info lagi dimana saya bisa belajar. Alternatifnya ada 3, pelatihan hypnobirthing dengan Ibu Lanny Kuswandi di Pro V klinik, pelatihan hypnobirthing dengan Mba Evariny dirumahnya dan pelatihan hypnobirthing dengan Bidan Yesie di Bidan kita Klaten.

Tadinya saya dan suami sudah membulatkan tekad untuk menyempatkan waktu pulang ke Solo dan belajar ke Klaten sekalian survey tempatnya, karena jika memungkinkan kami ingin si baby lahir disana. Tapi setelah tanya-tanya dan email-email ke Bidan Yesie, biaya yang dikeluarkan cukup banyak kalau saya harus ke Klaten. Belum lagi pertimbangan kondisi perut yang semakin membuncit. Yasudahlah, kami banting setir ke Mba Evariny. Ceritanya bisa dibaca disini.

Sekarang usia kandungan saya sudah 6 bulan, yang harus saya pelajari sudah tambah lagi. Kali ini tentang perawatan & pengasuhan bayi,  mulai tentang menyusui, asi perah sampai tentang popok.😀

Fiuh, mau masuk tahap baru dikehidupan memang susah ya. Kalau dulu masih ada guru/ pembimbing yang bimbing tiap mau masuk tahap pendidikan yang lebih tinggi. Nah sekarang, semua harus dipelajari dan dipersiapkan sendiri.

Semoga sisa waktu yang masih sekitar 3 bulan ini bisa cukup untuk saya mempersiapkan yang terbaik untuk seorang manusia baru yang akan lahir dari rahim saya..

Tinggalkan Balasan

